cover
Contact Name
Daru Asih
Contact Email
daru.asih@mercubuana.ac.id
Phone
+62215840816
Journal Mail Official
jurnalmix@mercubuana.ac.id
Editorial Address
Universitas Mercu Buana Program Studi Magister Manajemen Gedung Tedja Buana Jl. Menteng Raya No.29, RT.2/RW.7, Kebon Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10340
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
MIX : Jurnal Ilmiah Manajemen
ISSN : 20881231     EISSN : 24605328     DOI : 10.22441/jurnal_mix
MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen is a journal that publishes the results of empirical research that has strong novelty with reference to the latest journals and contributes greatly to scientific development in the fields of Management: Finance, Marketing, Human Resources, and Operations.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2021): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen" : 10 Documents clear
DESAIN KONSEPTUAL DIGITALISASI MANAJEMEN MUTU PADA INDUSTRI FMCG Septian Sugestyo Putro; Sugeng Santoso
MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN Vol 11, No 2 (2021): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/mix.2021.v11i2.001

Abstract

Industry 4.0 era encourage FMCG manufacture industries in Indonesia to continuously innovating through digital technology adoption in their process, including quality management. Quality management digitalization in manufacture industry in Indonesia is now at the level of leaving paperwork documentation and analog communication in quality control; and have started to adopt computerized database and analysis.  The absent of national software provider and academic study focusing on quality management digitalization concept has become an obstacle for Indonesia to evolve in Industry 4.0 era. This paper intended to provide conceptual design of integrated quality management digitalization to support FMCG industries in effective decision making and compliance to quality control plan; and to stimulate national software provider to develop digitalized quality management program. The research use descriptive qualitative method through literature review of articles indexed in Garuda and Mendeley from 2017 to 2020 to make sure if there any previous research studied quality management digitalization for FMCG industry, and thus the review will be used as a strong reason to develop concept of quality management digitalization. The result showing no research found that exclusively studied about quality management digitalization for FMCG, and thus concept of quality management digitalization for FMCG is proposed as a baseline foundation for program developer to develop an integrated software in quality management digitalization for FMCG.
PENGARUH AUTENTISITAS MEREK TERHADAP KOMITMEN MEREK DENGAN KEPRIBADIAN MEREK DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN PADA PRODUK APPLE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Andreas Sulistio; Thomas Santoso; Serli Wijaya
MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN Vol 11, No 2 (2021): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/mix.2021.v11i2.002

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh dari autentisitas merek terhadap komitmen pelanggan atas merek, dengan kepribadian merek dan kepercayaan atas merek sebagai variable mediasi pada corporate brand Apple. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dimana data primer dikumpulkan melalui survei kepada 200 responden dan teknik statistik Partial Least Square (PLS) digunakan untuk mengolah data. Hasil penelitian mengonfirmasi adanya pengaruh yang signifikan dari autentisitas merek terhadap komitmen pelanggan terhadap merek Apple. Selanjutnya, kepribadian merek Apple dan kepercayaan pelanggan terhadap merek Apple juga terbukti berperan sebagai variabel yang memediasi autentisitas merek dalam memengaruhi komitmen pelanggan terhadap merek Apple.
IMPLIKASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP DIGITALISASI EKONOMI DAN EKONOMI KEMANUSIAAN UMKM KERAJINAN TENUN DI PROVINSI BALI Ni luh Sayang Telagawathi; Ni Made Suci; Komang Krisna Heryanda
MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN Vol 11, No 2 (2021): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/mix.2021.v11i2.006

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis secara kualitatif implikasi kewirausahaan terhadap digitalisasi ekonomi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) kerajinan tenun di Provinsi Bali. Argumen artikel ini beranjak dari permasalahan adaptasi terhadap transformasi digital pada UMKM di masa pandemi. Adaptasi itu bukannya tanpa persoalan. Salah satu implikasi yang sangat penting adalah tantangan yang dihadapi oleh nilai-nilai kewirausahaan jika ingin bersinergi pada ekonomi digital. Sangat banyak UMKM yang masih harus berusaha keras beradaptasi dengan teknologi dengan berbagai macam keterbatasan. Permasalahan lainnya adalah digitalisasi ekonomi menghadapi tantangan untuk mewujudkan ekonomi kemanusiaan yang membawa kesejahteraan terhadap manusia itu sendiri. Metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan data-data dari pelaku UMKM kerajinan tenun tentang usaha kewirausahaan yang mereka lakukan untuk masuk ke system ekonomi digital. Narasumber pelaku UMKM kerajinan tenun dibagi menjadi tiga yaitu yang sudah menggunakan teknologi digital, yang baru beradaptasi, dan yang masih memilih jalur konvensional dalam menjalankan usahanya di masa pandemi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai dasar kewirausahaan sangatlah penting sebagai pijakan dalam digitalisasi ekonomi. Tantangannya adalah tidak semua pelaku UMKM kerajinan tenun di Bali bisa mengakses teknologi digital untuk kebertahanan usahanya di masa pandemic Covid-19 ini. Kompleksitas yang terjadi adalah digitalisasi ekonomi belum sepenuhnya mampu menjadi solusi bagi eknomi yang bewawasan kemanusian dan kesejahteraan bagi semua masyarakat.      
INTENSI CALON PENERUS BISNIS KELUARGA: MEMAHAMI SUDUT PANDANG GENERASI PENERUS DALAM MELANJUTKAN BISNIS KELUARGA DI MASA DEPAN Henry Pribadi; Sonny Agustiawan
MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN Vol 11, No 2 (2021): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/mix.2021.v11i2.003

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penentu intensi dari seseorang untuk memilih karier meneruskan bisnis keluarga. Subyek yang menjadi fokus penelitian adalah para calon generasi penerus bisnis keluarga yang sedang menjalani perkuliahan di universitas. Model penelitian dibuat dengan menggunakan dasar Theory of Planned Behavior untuk menjelaskan hubungan antara intensi melanjutkan bisnis keluarga dengan faktor-faktor pendorongnya (anteseden). Model intensi dipilih karena model ini dapat menggambarkan prediksi kemungkinan pemilihan karier bagi para mahasiswa setelah mereka lulus kuliah dan bekerja. Faktor pendidikan dan faktor familiness ditambahkan sebagai faktor pendukung untuk mendapatkan model yang lebih mewakili kondisi sebenarnya. Data didapatkan melalui survei kuantitatif pada mahasiswa dan dianalisis secara statistik dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak semua faktor berpengaruh pada intensi mahasiswa untuk melanjutkan bisnis keluarga selepas mereka lulus. Faktor perspektif diri terhadap bisnis keluarga, dukungan keluarga, dan kondisi bisnis keluarga merupakan faktor terkuat yang dapat meningkatkan intensi para generasi penerus ini untuk berpartisipasi di dalam bisnis keluarga di masa depan.
MEMPREDIKSI KESEJAHTERAAN KONSUMEN MELALUI PERAN SIMBOL MEREK BUDAYA, MEREK AUTENTIK, DAN KETERLIBATAN BUDAYA JANGKA PANJANG Michelle Atmadjaja; Sabrina Sihombing
MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN Vol 11, No 2 (2021): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/mix.2021.v11i2.007

Abstract

Dari sekian banyak merek yang melambangkan simbol budaya di Indonesia, Batik Keris adalah salah satu merek popular. Namun, ada penurunan peringkat di Batik Keris dimana pada 2015-2018 Batik Keris berada di peringkat 1 tetapi turun ke 2 di 2019-2020. Tujuan penelitian ini untuk memprediksi kesejahteraan konsumen melalui Batik Keris yang dipengaruhi oleh simbol merek budaya, merek autentik, dan keterlibatan budaya jangka panjang. Penelitian ini menggunakan paradigma kuantitatif. Kuesioner dibuat dengan menggunakan indikator-indikator variabel penelitian yang berasal dari penelitian sebelumnya.   Kuesioner didistribusikan dengan menggunakan disain sampling bertujuan. Sebanyak 220 responden terlibat dalam penelitian ini. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan terlebih dahulu sebelum pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil menunjukkan bahwa tujuh hipotesis dalam penelitian didukung. Secara spesifik, simbol merek budaya, keterlibatan budaya jangka panjang, merek autentik, dan kesejahteraan eudaimonik adalah semua faktor penting yang memengaruhi kesejahteraan hedonis konsumen.
FINANCIAL RISK ANALYSIS FOR INCREASING FINANCIAL PERFORMANCE OF SHARIA BANKS IN INDONESIA Maya - Indriastuti; Chrisna Suhendi
MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN Vol 11, No 2 (2021): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/mix.2021.v11i2.004

Abstract

This study examined the effect of Islamic corporate governance on financial performance using financing risk as mediation, focusing on Sharia Banks in Indonesia. The researchers applied a multiple regression analysis on data collected from annual reports of the companies from 2013 to 2018. The Islamic corporate governance variable is calculated from the self-assessment of the Islamic corporate governance implementation in Sharia Banks. Meanwhile, the financial performance of Islamic banks is illustrated by the return on assets. Financing risk is measured by the ratio of non-performing financing. This study found that Islamic corporate governance cannot increase financial performance, but Islamic corporate governance can reduce financing risk. The decrease in financing risk can improve the financial performance of Sharia Banks, so it can be said that the financing risk variable can mediate the effect of Islamic corporate governance on financial performance.
RISIKO INVESTASI SAHAM SECOND LINER DENGAN TAIL VALUE AT RISK Di Asih I Maruddani; Tutut Dewi Astuti
MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN Vol 11, No 2 (2021): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/mix.2021.v11i2.009

Abstract

This pandemic which has been going on for almost a year, is very influential in all fields. Economic growth and investment in all countries have been declined dramatically.  Indonesian Composite Stock Price Index (CSPI) as an indicator of stock performance in Indonesia is weakening. Big caps stocks, which are usually the main driver for domestic bourses, fell sharply uncontrollably. However, second liner stocks managed to hold down the CSPI throughout 2020. This condition made many investors switch to stocks in this group. Low prices and high profit potential are attractive considerations. But high price fluctuations make investing riskier. Tail Value at Risk (T-VaR) as a measure of risk in a bad situation is the right measure so that investors can estimate the worst possibility and a larger reserve fund. The purpose of this study is to measure the investment risk in second liner stocks based on T-VaR. The six stocks of Pefindo 25 Index indicate that at a 95% significance level, the investment risk in second liner stocks will be in the range 6,14% - 8,22% of the investment.
KONSEP PEMBELIAN KOMPULSIF: SEBUAH KETERPAKSAAN A - Alfitman; Basu Swastha Dharmmesta; Bayu Aji Aritejo
MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN Vol 11, No 2 (2021): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/mix.2021.v11i2.005

Abstract

Until 2020, there is no consensus among researchers about the actual compulsive buying concept is. There are many different compulsive buying concepts in the scientific literature (Ridgway et al., 2008; Goldsmith et al., 2015).  Consequently, it is difficult for marketers to implement it in marketing decision making. This study aims to clarify it by categorizing any existing compulsive buying concepts in scientific literature and offer one of which for the best explanation. Based on a literature study, we collected data from any scientific research in any discipline. By using bibliometric analysis, the concept of compulsive buying can categorize it into three categories: compulsive buying as a disease, as a bad habit or "a want" or consumer culture, and as a force. Among the compulsive buying categories, this study has offered the compulsive buying as a force to be the best concept for compulsive buying explanation. The idea can clarify the concept of compulsive buying to be better because it can differentiate compulsive buying from similar concepts such as addiction, impulsive buying, and obsessive-compulsive disorder.
PERAN PERILAKU INOVATIF DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL DALAM MEMEDIASI PENGARUH KEBAHAGIAAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN Ni Nyoman Kerti Yasa; Putu Laksmita Dewi Rahmayanti; Ida Ayu Putu Widani Sugianingrat; Ida Bagus Agung Dharmanegara; Rahcmad Budi Suharto
MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN Vol 11, No 2 (2021): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/mix.2021.v11i2.008

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran kebahagiaan kerja dan komitmen karyawan memediasi pengaruh kebahagiaan kerja terhadap kinerja karyawan. Populasi penelitian ini adalah karyawan perusahaan swasta di Bali. Besarnya sampel yang digunakan sebanyak 200 orang dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Path Analysis dengan menggunakan pendekatan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebahagaan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Kebahagiaan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku inovatif dan kebahagian kerja juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. Selanjutnya, perilaku inovatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dan komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Perilaku inovatif mampu memediasi parsial secara signifikan pengaruh kebahagiaan kerja terhadap kinerja karyawan dan komitmen organisasional mampu memediasi secara signifikan pengaruh kebahagiaan kerja terhadap kinerja karyawan.  Oleh karena itu penting bagi pimpinan di perusahaan untuk memperhatikan mengembangkan perilaku inovatif dan komitmen organisasional sehingga kebahagiaan kerja mampu meningkatkan kinerja karyawannya.
CELEBRITY ENDORSEMENT DAN CITRA PRODUK HALAL DALAM MEMBANGUN LOYALITAS MEREK: STUDI PADA KOSMETIK WARDAH Nalal Muna; Mutia Rahmi Pratiwi; Amida Yusriana
MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN Vol 11, No 2 (2021): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/mix.2021.v11i2.010

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun model loyalitas konsumen pada produk halal khususnya kosmetik. Berdasarkan source credibility theory, penelitian ini menguji pengaruh langsung dan tidak langsung kredibilitas merek dalam memediasi pengaruh celebrity endorsement dan citra produk halal terhadap loyalitas konsumen. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online dan offline. Purposive sampling digunakan dalam memilih responden. Penelitian ini dilakukan di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Secara keseluruhan, 156 responden berpartisipasi sebagai sampel dalam penelitian ini. Data diolah dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan selebriti tidak memiliki pengaruh yang signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan Citra Produk Halal tidak berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas merek. Namun, Citra Produk Halal menunjukkan pengaruh yang signifikan melalui kredibilitas merek.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 13, No 2 (2023): MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN Vol 13, No 1 (2023): MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN Vol 12, No 3 (2022): MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN Vol 12, No 2 (2022): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 12, No 1 (2022): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 11, No 3 (2021): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 11, No 2 (2021): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 11, No 1 (2021): MIX : Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 10, No 3 (2020): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 10, No 2 (2020): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 10, No 1 (2020): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 9, No 3 (2019): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 9, No 2 (2019): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 9, No 1 (2019): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 8, No 3 (2018): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 8, No 2 (2018): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 8, No 1 (2018): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 7, No 3 (2017): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 7, No 2 (2017): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 7, No 1 (2017): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 6, No 3 (2016): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 6, No 2 (2016): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 6, No 1 (2016): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 5, No 3 (2015): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 5, No 2 (2015): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 5, No 1 (2015): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 4, No 3 (2014): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 4, No 2 (2014): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 4, No 1 (2014): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 3, No 3 (2013): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 3, No 2 (2013): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 3, No 1 (2013): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen More Issue